Sunday, May 27, 2018

Ristra Cosmetodermatology: Produk Kecantikan Wanita Tropis

Assalamualaikum, 


Pernah gak? ngalamin gak cocok sama produk skincare tertentu? Apa jangan-jangan sering? Saya tuh tipe
yang susah cocok sama produk skincare.. Udah coba skincare Korea, Jepang, Amerika, Eropa.. gak ada
yang cocok.. padahal harganya gak murah juga.. well awal beli karena baca review sama di rekomendasiin
sama teman atau beauty influencer.. Trus denger review bagus langsung deh beli gak pake mikir bakal
cocok apa ngga sama kulit saya, dan ternyata bener.. gak cocok.. 

Sampai akhirnya saya diundang ke sebuah event talkshow tentang skincare iklim tropis oleh Ristra Cosmetodermatology. Ristra merupakan pelopor kosmetik berbasis medik dari sejak tahun 1983. No wonder Ristra sudah menjadi kosmetik nenek saya back then. Ristra Cosmetodermatology menggabungkan kosmetik dengan konsep dermatologi, dan produk-produk Ristra itu sudah dermatology tested yang artinya telah teruji klinis secara dermatologi. Contohnya: Uji Efektivitas (efektifitas anti-iritasi, efektifitas mencerahkan, dan sebagainya) dan Uji keamanan (uji Iritasi, hypoallergenic, dan sebagainya).


Dalam talkshow itu, ada Tyna Kanna Mirdad, si cantik murah senyum itu sebagai bintang tamunya. Lalu ada dokter kecantikan dan Mba Yuna Eka Kristina sebagai Public Relations dari Ristra. Pemilihan produk skincare yang sesuai dengan iklim negara kita tuh penting banget, dengan begitu penyesuaian terhadap iklim, tingkat kelembaban udara dan tingkat polusi yang ada juga menjadi bahan pertimbangan. Jangan sampai salah pilih produk. Wanita yang tinggal di negara iklim tropis cenderung membutuhkan skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit tropis, dengan pH balance, UV protection, memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Yang paling penting untuk kita dengan kulit tropis adalah tahapan double cleansing, toning, moisturizing, eksfoliasi, dan suncreen dengan SPF yang cukup.




Berikut merupakan karakteristik negara beriklim tropis:
1. Intensitas sinar matahari tinggi
2. Udara panas dan lembab
3. Debu dan polusi tinggi
Karakteristik genetiknya antara lain:
1. Tipe kulit coklat muda – hitam
2. Kulit tidak mudah terbakar
3. Kulit mudah menghitam

Hadir di talkshow itu seakan membuka mata batin saya, hahaha.. kalau memang gak bisa deh memilih
skincare based on trend. Nah sebelum pulang saya sempat mampir dulu ke booth Ristra yang kebetulan
lagi ada skin check gratis. Langsung deh saya coba-coba skin check ya, disitu kulit kita diperiksa beberapa
aspek. Kerutan, noda hitam, elastisitas dan kelembaban. Dari hasil skincheck saat itu, didapati bahwa
kulit saya sudah memerlukan perawatan khususnya untuk mengencangkan bagian-bagian yang sudah
terlihat agak kendur (boookkk kendor jugaa). Selain itu sudah mulai terlihat guratan-guratan halus
pertanda kematangan dan asam garam seseorang. 




Sampai dirumah saya pun coba 4 tahap perawatan dari Ristra. Apa aja tuh 4 tahap langkah dasar perawatan kulit ala Ristra? Ini ya saya jabarkan:




1. Pembersih
Ristra memiliki 2 (dua) produk di langkah pembersih ini, ada cleansing milk dan med soap. Saya personally
suka banget dengan kedua produk ini. Cleansing milknya sangat ringan dan tidak membuat kulit merah-
merah apalagi perih setelah dibersihkan. Kemudian med soap nya juga memiliki aroma yang lembut lalu
tidak membuat kulit keset. Sebaliknya, setiap kali habis pakai med soap, kulit wajah saya menjadi lembut
dan lembab.
2. Penyegar
Pada tahap ini, kita bisa memakai toning lotion (toner) Ristra yang membantu mengembalikan
keseimbangan pH alami kulit dan kondisi kulit setelah mencuci muka. Toner juga membantu mengecilkan
pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih. Cara memakainya bukan digosok-gosokan ke wajah
melainkan cukup ditepuk-tepuk saja menggunakan kapas. Saya malah biasanya gak pakai kapas lagi,
jadi langsung ditelapak tangan lalu ditepukan ke wajah.
3. Pelembab
Pelembab atau moisturizer sangat penting terutama untuk yang memiliki wajah kering seperti saya.
Teksturnya light dan gak bikin muka lengket, tapi tetap bikin muka lembab. Fungsinya adalah untuk menghidrasi kulit wajah dan mencegah penguapan air dari permukaan kulit. Mengandung Olive Oil (Minyak Zaitun) yang menutrisi dan melembapkan.

4. Perawatan atau Eksfoliasi
Untuk tahap perawatan, Ristra memiliki scrub cream yang dapat digunakan rutin 2-3x dalam seminggu.
Fungsinya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah kita yang mungkin tidak cukup
kalau hanya memakai pencuci muka saja.

Tentunya yang tidak kalah penting dilakukan untuk para wanita yang tinggal di negara beriklim tropis
adalah jangan lupa memakai sunscreen tiap kali keluar rumah. Dan yang baru saya tahu adalah, sunscreen
tuh gak bisa cuma 1 kali dipakai, tapi harus berulang tiap 2 jam sekali agar fungsinya tetap terjaga.
Ristra cosmetodermatology juga memiliki sunscreen dengan SPF 15, eits jangan underestimate dulu
dengan sunscreen dengan SPF rendah, bukan berarti tidak melindungi dengan maksimal ya.
Malah kita harus tahu jenis kulit dan warna kulit seperti kita itu perlunya sunscreen dengan SPF berapa?
Lalu lama waktu yang kita habiskan di luar ruangan (outdoor) juga cukup berpengaruh terhadap pilihan
SPF sunscreen kita.
Saya pribadi sudah mencoba 4 tahap langkah perawatan kulit wajah Ristra, dan amazingly saya cocok
banget. Yang tadinya wajah saya lumayan beruntusan disekitar rahang, karena saya rutin membersihkan
wajah dengan Ristra, beruntusan saya pun jauh berkurang. Kulit wajah saya pun lebih glowing dan
lembab, well its true then.. pilih produk yang sesuai dengan tipe wajah dan tempat kita tinggal ya buibu.

No comments:

Post a Comment